Pipa Besi Jenis Dan Fungsi

Pipa Besi – Sering disebut pipa hitam memiliki banyak kegunaan. Biasa pipa digunakan untuk mengalirkan air tapi tidak hanya itu saja, jenis pipa ini dapat difungsikan sebagai penyangga rumah, rangka plafon, teralis, pagar rumah, hingga tiang lampu.

Pipa besi banyak menjadi pilihan karena lebih tahan lama. Karena antirayap, juga lebih tahan karat. Jangan heran, apabila pipa besi bisa bertahan hingga puluhan tahun meskipun digunakan di luar ruangan dengan cuaca yang tidak menentu.

Sekarang ini juga, sudah cukup banyak jenis pipa besi dengan berbagai ukuran dan harga. Berikut adalah jenis pipa besi yang sering digunakan.

 

Pipa Ductile

img via : thisdayinwaterhistory.wordpress.com

Pipa ini biasa digunakan sebagai insfrastruktur penyuplai air. Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya pipa besi ductile berhasil diproduksi dengan karakteristik yang semakin baik, yakni memiliki bahan yang kuat, berdaya tahan tinggi, serta tidak mampu berkarat.

Saat ini pipa Ductile sudah memiliki produk yang lebih beragam. Dari yang awalnya hanya memiliki satu ukuran, pipa tersebut kini hadir dengan ukuran diameter berbeda juga sambungan yang tahan apabila terjadi gempa. Apabila terjadi gempa atau terkena tekanan dari luar, sambungan tidak akan patah, tetapi akan memanjang dan melengkung.

 

Pipa Hollow

Sesuai dengan bentuknya, pipa hollow juga kerap disebut sebagai pipa kotak. Jenis pipa besi ini kerap digunakan sebagai bahan pembuatan gerbang atau pagar rumah. Namun kini, sebagian besar masyarakat tampaknya lebih gemar memanfaatkan pipa hollow untuk rangka plafon atau kanopi rumah.

Dibandingkan dengan rangka kayu, penggunaan pipa hollow sebagai rangka plafon tentu memberikan lebih banyak keuntungan. Pipa ini lebih mudah dipasang serta lebih kuat dan tidak mudah lapuk. Selain itu, pipa hollow juga tahan terhadap api sehingga menjadikan rumah lebih aman dari bahaya kebakaran.

 

Pipa Welded

Pipa welded awalnya merupakan sebuah pelat yang kemudian dilengkungkan dan dilas menjadi sebuah pipa. Ciri khas yang tampak paling menonjol dari pipa ini adalah keberadaan garis memanjang yang merupakan sambungan pelat tersebut. Namun, pada beberapa produk, sambungan tersebut hanya tampak samar karena pengelasan dilakukan pada suhu tinggi. Pembuatan pipa besi welded harus dilakukan oleh perusahaan yang telah bersertifikasi. Pasalnya, jika tidak diproduksi dengan kualitas yang baik, sambungan pipa yang bocor bisa menjadi sumber terjadinya ledakan.

Pipa Seamless

Pipa seamless dikenal dengan pipa yang tidak memiliki sambungan.Dibuat dengan cara melubangi sebuah silinder sehingga dihasilkan sebuah pipa yang utuh. Untuk mengeceknya, pembeli dapat melihat bagian sisi dalam pipa. Di sana, pipa tampak mulus dan tidak memiliki bekas sambungan. Pipa besi seamless memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Umumnya, pipa ini lebih mahal daripada pipa besi welded.

Pipa Ulet

Salah satu jenis pipa lain yang paling populer adalah pipa ulet. Pipa ini merupakan jenis pipa besi cor yang terdiri atas campuran besi dan grafit. Tentu saja, kekuatan yang dimiliki pipa ini jauh lebih tangguh daripada jenis pipa cor biasa, bahkan performanya kerap dianggap mampu menandingi performa baja.

Dibuat dengan teknologi sentrifugal yang maju, pipa besi ulet mempunyai tingkat korosi yang rendah. Jenis pipa ini juga lebih tahan terhadap benturan. Di sisi dalamnya, terdapat lapisan mortar semen yang membuat kapasitas pengangkutan air menjadi lebih maksimal.

 

Pipa ERW

Pipa Electric Resistance Welded (ERW), adalah jenis pipa yang dibuat melalui pengelasan listrik. Pembuatan pipa ini dengan memanfaatkan ketahanan dari kedua permukaan logam. Berdasarkan kegunaannya, pipa ERW dibedakan atas beberapa standar penggunaan. SNI 0039:2013 MEDIUM pipa yang  biasanya digunakan untuk  saluran air bersih . ASTM A53 untuk aplikasi mekanik yang bertekanan, seperti saluran uap, gas, atau udara. Kemudian ASTM A252 berguna untuk konstruksi dan tiang pancang bangunan . Sementara itu, pipa API SPEC 5CT biasa dipakai untuk tubing pada kegiatan pengeboran minyak gas dan bumi.

 

Pipa Galvanis

Pipa Galvanis biasa dimanfaatkan konstruksi bangunan. Kebutuhan drainase, dan dipakai untuk interior ruangan, seperti yang terdapat pada ruang-ruang bergaya industrial. Pipa Galvanis memiliki daya tahan yang baik terhadap korosi. Itulah mengapa, pipa ini juga kerap dijadikan bahan pembuatan pagar atau pegangan tangga yang berada di luar ruangan. Pipa ini memiliki beberapa jenis, ukuran, dan harga yang bervariasi.

 

Pipa Oval

Selain berbentuk silinder dan kotak, pipa ini juga ada dalam bentuk oval. Biasa dimanfaatkan dalam industri otomotif, furnitur, hingga penunjang industri fashion. Pada otomotif biasa digunakan untuk membuat knalpot.Lalu furniture dimanfaatkan dengan membuat kerangka meja atau kursi. Sementara di industri fashion, jenis pipa sebagai sarana penggantung pakaian. Pipa oval memiliki ukuran yang beragam.

Demikianlah artikel pengenalan Besi Jenis dan Fungsi, jika ada yang kurang jelas anda dapat bertanya pada kami. Hubungi kami untuk pembelian produk pipa di artikel ini dan juga produk lainnya,

Semoga bermanfaat!