Berkebun Dengan Pipa PVC

Bercocok tanam adalah kegiatan yang sudah kita lakukan sejak dahulu kala, apalagi banyak sekarang banyak orang menjadikan bertanam sebagai hobi. Tapi sekarang lahan bertanam berkurang apalagi kalau kita tinggal di daerah perkotaan. Untuk itu sekarang ada metode baru bertanam , dengan menggunakan material pipa PVC  sebenarnya material yang dikhususkan untuk bahan bangunan, bukan untuk pertanian. Karna material ini mudah didapatkan serta tahan lama dengan harga yang terjangkau. Berkebun sayur menggunakan pipa PVC juga mudah dan membuat kebun yang rapi, bersih dan indah. Berikut ini ada dua metode bertanam yang dijelaskan :

Berkebun Secara Konvensional

Bertanam secara konvensional ialah dengan menggunakan media tanam tanah. Sebenarnya media tanam tanah sudah dilakukan sejak dahulu kala. Tetapi yang kita ambil ialah tempat bertanam itu sendiri dengan penggunaan pipa PVC yang bisa kita atur sedemikian rupa agak terlihat menarik dan rapih. Supaya tanaman subur tanah dicampur dengan bahan organik seperti pupuk kompos atau pupuk kandang. Berikut contoh kreasi berkebun sayuran dengan pipa PVC.

Berkebun Dengan Pipa PVC

 

Berkebun Secara Hidroponik

Teknik satu sangat berbeda dengan teknik tanam secara konvensional, menanam menggunakan teknik hidroponik tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Melainkan media tanam untuk hidroponik adalah arang sekam/sekam bakar, cocopeat/sebuk sabut kelapa, akar pakis, rockwoll, hidroton dan lainnya. Wadah untuk menanam tanaman hidroponik juga bermacam-macam sesuai dengan teknik dan bahan yang digunakan. Berikut ini beberapa kreasi bertanam hidroponik menggunakan pipa PVC.

Berkebun Dengan Pipa PVC
img : tanamania

 

Saya menyarankan sistem yang menarik untuk pecinta tanaman Hidroponik yaitu dengan sistem NFT (nutrient film technique). Sebuah teknik yang menggunakan pompa air listrik untuk mengalirkan nutrisi yang telah di campur dengan air secara terus menerus melalui pipa PVC yang terdapat beberapa tanaman. Kelemahan sistem ini apabila mati listrik dengan durasi yang lama karena tanaman hidroponik sangat membutuhkan nutrisi.

Dari penjelasan di atas baik bercocok tanam secara konvensional atau hidroponik tentu kita mendapatkan hasil panen tetap sempurna apabila kita merawat nya dengan cara yang benar. Untuk meminimalisir biaya maintenance tempat berkebun, saya menyarankan penggunaan pipa PVC yang murah dan berkualitas. Kalian harus tahu bahwa pipa PVC ANDARU ini produk yang sangat baik dari segi kualitas dan harga sangat ekonomis sehingga kalian pecinta tanaman bisa mengalokasikan dana untuk pembelian pupuk dan bibit tanaman. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai produk bisa hubungin kami disini. Terimakasih.

Semoga Bermanfaat !