Pipa PVC : Sejarah

Pipa PVC – Jenis pipa yang satu ini sering digunakan dalam kebutuhan plumbing, baik itu untuk retail (pipa rumah tangga), maupun untuk kebutuhan pipa dalam skala yang lebih luas dan besar (gedung perkantoran swasta dan pemerintah, infrastruktur, dll). Pipa PVC memang sudah tidak asing lagi didengar bagi kalian karena menurut sejarah, pipa PVC memang sudah digunakan sejak abad ke-20 wah sudah lama sekali ternyata yaa. Selain harga jual yang murah, material jenis ini juga cenderung lebih mudah diaplikasikan.

Pipa PVC : Sejarah

img via : bahanbangunanterbaru.com

SEJARAH

Sejarah mengatakan, bahwasanya Pipa PVC dikembangkan oleh seorang ahli kimia dari Prancis yang bernama Henri Victor Regnault pada awal abad ke-19. Pada mulanya, penemuan material yang di gunakan ini masih kurang baik karna keras dan tidak lentur. Namun pada tahun sekitar 1920, produk-produk plastik sedang laris dan banyak diaplikasikan untuk berbagai peralatan rumah tangga dan perlengkapan lainnya. Salah satu perusahaan yang mencoba menggabungkan antara material Polyvinyl Chloride dan plastik kemudian menghasilkan sebuah pipa PVC yang sedikit lebih lentur, tidak terlalu kaku, namun tetap kuat.

 

Produk ini sebenarnya sudah banyak dipakai sejak abad ke-20. Jerman adalah negara pertama pengaplikasian pipa sebagai saluran air dirumah. Alasan penggunaan material ini adalah harga jual pipa PVC yang terjangkau bagi masyarakat luas serta didukung daya tahan dan kepraktisan dalam instalasi. Hal ini membuat pipa PVC berhasil mengambil perhatian pasar internasional. Kemudian pada tahun 1936, pipa PVC mulai dieksploitasi dan diaplikasikan untuk instalasi air pada rumah-rumah pada bagian di dunia.

Tetapi tak hanya negara Jerman saja yang mulai memanfaatkan pipa PVC dalam instalasi rumah. Negara-negara besar seperti Amerika juga mulai melirik material ini loh. Di Amerika, untuk produk pipa PVC baru masuk pada pertengahan tahun 1950. Seiring waktu berjalan Amerika melakukan pembaharuan material penggunaan untuk pipa PVC, termasuk menciptakan sambungan serta meningkatkan kelenturan. Akibat penambahan material plastik ini menjadikan harga jual pipa pvc di Amerika jauh lebih murah dibandingkan dengan harga awalnya. Namun dalam kenyataan walaupun dikatakan murah tapi produk pipa PVC ini sangat baik dan digunakan seperti pipa ANDARU dengan moto murah dan berkualitas ditujukan untuk permasalahan keuangan agar lebih ekonomis.

 

PRODUK

Dari sekian banyak menggunakan, banyak yang bertanya tanya dengan keamanannya. Dahulu kala banyak sekali pipa yang rentan pecah atau rusak karena mendapatkan tekanan air yang kuat, dan juga bahkan tak sedikit pipa PVC yang pecah saat proses instalasi. Seiring berjalan nya waktu banyak produk pipa yang sudah sangat baik bahkan penggunaan bisa sampai 50 tahun lebih, selain irit biaya perawatan dan juga tidak pusing untuk penggantian pipa. Karena itu kami juga sudah menyiapkan beberapa produk pipa PVC berkualitas yang menjadi solusi untuk anda dari pemasalahan pipa. Kami menjual produk terbaik untuk anda semua, anda dapat lihat disini dan sempatkan waktu untuk menghubungi di kontak kami untuk pengetahuan mengenai produk.

 

Semoga bermanfaat!