Pipa PVC Rucika Wavin

Pipa PVC – Apa itu pipa PVC? Apa pula yang dimaksud dengan pipa uPVC? Dan, pipa PVC apa yang terbaik di pasaran Indonesia saat ini? Sejumlah pertanyaan ini akan terjawab dalam ulasan berikut.

Pipa PVC

Pipa ini adalah pipa yang terbuat dari polyvinyl chloride (polimer termoplastik urutan ketiga dalam hal jumlah pemakaian di dunia) yang banyak digunakan dalam proyek bangunan/infrastruktur berskala besar, dan juga umum dipakai secara rumahan sebagai pipa saluran air.

Karakteristik pipa ini ringan, keras, kuat, tahan lama, mudah dalam instalasi, dan berfungsi lebih baik dari pipa besi, membuat pipa jenis ini menjadi favorit para pemilik hunian/bangunan di Indonesia hingga saat ini.

Pipa uPVC

pipa upvc rucika wavin aman bagi kesehatan

pipa upvc rucika wavin, aman bagi kesehatan (img allcompleteplumbing.com)

Dalam upaya melenturkan pipa PVC, bahan plasticizer kadang ditambahkan. Bahan tersebut, dianggap memicu gangguan hormon, termasuk estrogen dan tiroid—hal ini mengemuka lewat buku berjudul The Toxic Sandbox, karya seorang master di bidang kesehatan publik, Libby McDonald.

Mengatasi hal tersebut, pabrikan pipa kemudian membuat apa yang disebut dengan pipa uPVC (Unplasticized Poly Vynil Chloride). Artinya, pipa jenis ini tidak mengandung plasticizer sama sekali! Tidak terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya, sehingga aman bagi kesehatan. Pipa jenis inilah yang menjadi standard pipa saluran air minum untuk tujuan dikonsumsi manusia.

Pipa PVC Rucika, Terbaik di Indonesia

PT Wahana Duta Jaya, sebuah perusahan produsen pipa terbaik di Indonesia yang eksis sejak tahun 1973, mengeluarkan varian produk pipa uPVC berstandard industri Jepang yang dikenal dengan JIS (Japanese Industrial Standard).

Pipa PVC Rucika AW adalah salah satu varian produk pipa uPVC standard JIS. Pipa varian ini dikenal pula sebagai produk pipa Rucika kelas VP.

pipa pvc rucika wavin aman bagi kesehatan

(img dmdindustries.com)

Pipa PVC Rucika AW didesain untuk produk pipa uPVC premium dengan ketebalan rata-rata di atas produk sejenis yang beredar di pasaran saat ini—Pipa ini disambung dengan sistem thermoplastic, yakni menggunakan metode solvent cement Wavin TruGlue.

Dengan didukung ratusan fitting, produk pipa PVC Rucika AW cocok untuk berbagai kebutuhan saluran, baik untuk saluran air bersih, buangan sampai, dan saluran air limbah.

Produk pipa terbaik di Indonesia ini cocok untuk berbagai kebutuhan, karena bersifat thermoplastic, anti korosif, anti abrasif, isolator yang baik dan lebih ringan, tahan lama, serta mudah dalam instalasi.

Pipa berstandard Jepang ini hadir dalam ukuran 1/2″ sampai dengan 12″, dan dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 10 bar.

Jika anda mencari pipa berkualitas terbaik sekaligus aman bagi kesehatan, hubungi kami, distributor terpercaya Pipa PVC Rucika AW berstandard JIS.